Home / BERANDA / Kereta Bawah Tanah

Kereta Bawah Tanah

Tanggal 10 Januari 2018
KERETA BAWAH TANAH
Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i

Hari ini tanggal 10 Januari tahun 1863, kereta bawah tanah pertama di dunia, jalur Metropolitan, dibuka di London. Kapan pertama diluncurkan kereta bawah tanah di Indonesia ya?
Saat ini perkereta apian di Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang pesat bahkan menjadi pilihan masyarakat karena kemudahan, ketepatan dan kenyamanannya. Hal ini didukung oleh survey peminat transportasi kereta api khususnya saat mudik lebaran tahun 1017 lalu, survey menunjukkan bahwa transportasi mudik yang difavoritkan adalah kereta api dengan 34% lebih tinggi dari pesawat yang mencapai 33% dan kendaraan pribadi 29% dan sisasnya 4% menggunakan kapal laut.
Sekalipun demikian masalah bukan berarti tidak ada, beberapa kasus rel anjlog, kecelakaan di palang pintu, jalur-jalur kereta di tengah padat penduduk maupun pasar dan lain sebagainya, maka sudah saatnya berpikir ke depan untuk menjadi transportasi andalan, kereta bawah tanah misalnya.
Selain London, ada Boston dan New York telah memiliki transportasi ini, termasuk pengalaman penulis saat di Prancis yang telah memanfaatkan transportasi Kereta Api bawah tanah sehingga lebih tenang di permukaan sekalipun di bawah cukup gaduh (setidaknya mengurangi stress di permukaan), atau setidak-tidaknya kereta trem di kota-kota sebagai angkutan publik yang diharapkan mengurangi stress perjalanan dan diharapkan menumbuhkan produktifitas dalam berbagai hal.
Intinya, kemakmuran suatu masyarakat akan tergambar salah satunya ketika mereka tidak stress di jalanan yang berefek kepada stress pekerjaan dan lainnya. Hal ini tergambar dari pesan Nabi Saw yang dikutip Imam Ahmad dalam Musnad nya dari sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, ia menyatakan:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مِنْ سَعَادَةِ ابْنِ آدَمَ ثَلاثٌ ، وَمِنْ شِقْوَةِ ابْنِ آدَمَ ثَلاثٌ ، فَمِنْ سَعَادَتِهِ : الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ , وَالْمَسْكَنُ الصَّالِحُ , وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيُّ ، وَمِنْ شِقْوَةِ ابْنِ آدَمَ : الْمَرْأَةُ السُّوءُ , وَالْمَسْكَنُ السُّوءُ , وَالْمَرْكَبُ السُّوءُ
Rasulullah bersabda: 3 hal termasuk yang membahagiakan manusia dan 3 hal pula yang membuat sengsara manusia. Yang membahagiakan manusia tersebut adalah perempuan yang salihah (pasangan hidup yang baik), tempat tinggal yang baik serta transportasi yang baik, sementara yang menyengsarakan manusia adalah perempuan yang tidak baik (pasangan hidup yang tidak baik), tempat tinggal yang tidak baik serta transportasi yang tidak baik juga.
Bahkan dalam riwayat lain disebutkan dengan ungkapan وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيءُ (transportasi yang menyenangkan), artinya transportasi yang baik adalah yang menyenangkan penggunanya.
Berdasarkan renungan tersebut, maka ayo kita dukung program pemerintah yang meggembirakan masyarakat di antaranya transportasi massa yang baik (menyenangkan) mungkin dalam tafsiran saya (cepat, tepat waktu, aman, nyaman, lagi murah)
10 januari

Check Also

SANTRI, NASIONALISME, DAN KEMANDIRIAN

Hari ini, 22 Oktober 2018 adalah tahun ketiga ditetapkannya Hari Santri Nasional. Keputusan Presiden No. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *