Pascasarjana UIN Walisongo Selenggarakan Rapat Kerja Persiapan Proses Belajar Mengajar Semester Gasal 2020/2021

Published by achmad dharmawan on

Semester Genap 2019/2020 telah berlalu. Untuk menilai keberhasilan proses belajar mengajar di semester genap 2019/2020, Pascasarjana UIN Walisongo mengadakan evaluasi sekaligus persiapan menyambut semester gasal tahun akademik 2020/2021. Proses kegiatan belajar-mengajar merupakan inti dan pelaksanaan kurikulum. Baik-buruknya mutu pendidikan dan mutu lulusan dipengaruhi oleh mutu kegiatan belajar-mengajar. Sebuah Perguruan tinggi harus mengembankan pembelajaran bagi para dosen dengan cara menyegarkan kembali prinsip pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi kedua belah pihak (dosen dan mahasiswa). Korelasi antara dosen dan mahasiswa yang dimaksud, agar mahasiswa aktif dan mau berpartisipasi dalam proses pembelajaran untuk mencapai prestasinya, dalam arti mahasiswa bukan aktif hanya sekedar mengerjakan tugas semata tetapi turut serta berpartisipasi dalam proses perkuliahan.
Para mahasiswa masih memiliki kemampuan yang heterogen, baik kemampuan berbahasa, memahami literatur, maupun gaya belajar mereka masing-masing. Dengan adanya kemampuan yang berbeda ini, maka gaya mengajar, tatacara mengajar akan berbeda pula. Metode pengajaran di Pascasarjana harus bervariasi antara kegiatan tatap muka, diskusi, membuat makalah, seminar, presentasi, tugas individu dan kelompok. Untuk memperluas wawasan para peserta, Pascasarjana secara rutin melibatkan para dosen dari dalam (Dosen PNS) dan dari luar (Pakar/Profesional) untuk memberikan kuliah, dengan harapan agar tujuan kegiatan belajar mengajar tercapai secara optimal. Terlebih di masa pandemic Covid-19, metode perkuliahan harus beradaptasi tanpa mengurangi kualitas output perkuliahan. Oleh karenanya sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung perlu dilakukan rapat kerja tentang kegiatan belajar mengajar yang matang,
Dengan diadakannya rapat kerja untuk mempersiapkan kegiatan belajar mengajar ini dengan baik, harapannya kualitas kegiatan belajar mengajar semakin meningkat, ada sinkronisasi materi pembelajaran melalui penyusunan paket mata kuliah dan jadwal kuliah, rancangan kegiatan pembelajaran, serta evaluasi perkuliahan. Alhamdulillah, kegiatan rapat kerja ini berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga bermanfaat bagi kita semua, seluruh civitas akademika Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

(By.Wenny)

Categories: BERANDABERITA

Silahkan Hubungi Kami