Home / Pendahuluan

Pendahuluan

Upaya intelektualisasi melalui peningkatan kualitas akademik di lingkungan IAIN selama ini telah ditempuh dengan berbagai macam kebijakan, proses dan aktivitas. Peningkatan kualitas pendidikan tinggi (higher education) tentu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya  manusia yang  telah teruji melalui level pendidikan tinggi baik dalam arti formal maupun substansial. Dalam proses intelektualisasi ini, Program Pascasarjana (PPs) IAIN Walisongo menempati posisi strategis.

PPs ini didesain secara unik dalam rangka humanisasi ilmu-ilmu keislaman. Dengan demikian PPs  ini bertujuan menghasilkan alumni yang mampu memadukan ilmu-ilmu empiris dan doktriner, dan dalam waktu yang sama mampu memperlakukan akal dan wahyu secara proporsional. Dengan kata lain wahyu dan akal bukanlah dua hal yang harus dipolarisasi. Lebih dari itu alumni diharapkan akan berada di garis terdepan dalam mempersegar kembali berkembangnya ilmu-ilmu keislaman untuk kepentingan umat.

PENYELENGGARAAN PROGRAM

Kalender Akademik:

Kalender akademik PPs IAIN Walisongo semester gasal dimulai Agustus sampai akhir Januari dan semester genap dimulai Maret sampai akhir Juli

Program Magister (S2)

  1. Program Magister dilaksanakan secara by course.
  2. Sistem pengajaran diselenggarakan dengan sistem SKS
  3. Beban studi sejumlah 42 SKS (sudah termasuk Tesis)

Program Magister (S3)

  1. Program Doktor dilaksanakan secara by course
  2. Sistem pengajaran diselenggarakan dengan sistem SKS
  3. Beban studi sejumlah 42 SKS (sudah termasuk Disertasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*