Home / Pendidikan Agama Islam (S2)

Pendidikan Agama Islam (S2)

VISI, MISI, TUJUAN
DAN PROFIL/PROFESI LULUSAN

VISI

Program Magister Pendidikan Agama Islam Riset Unggul Berbasis Kesatuan Ilmu (Unity of Science) untuk Kemanusiaan dan Peradaban Tingkat ASEAN Tahun 2025

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Magister PAI berbasis riset dan kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan Magister Pendidikan yang profesional, humanis dan berakhlak al-karimah.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kepentingan masyarakat, untuk kemanusiaan dan peradaban.
  3. Menggali, mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
  4. Mengembangkan kerjasama dibidang Pendidikan Agama Islam dengan berbagai lembaga di tingkat nasional, regional dan internasional.
  5. Mewujudkan tata pengelolaan kelembagaan pendidikan profesional dan unggul berstandar ASEAN.

TUJUAN

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang berakhlakul karimah, yang mampu menerapkan dan mengembangkan dan atas menciptakan ilmu-ilmu keislaman yang humanis.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman yang humanis dalam bidang PAI serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

PROFIL/PROFESI LULUSAN

  1. Guru/Dosen PAI profesional / Perancang dan Pengembang Model Pendidikan Agama Islam di sekolah / madrasah / perguruan tinggi.
  2. Peneliti Pendidikan Agama Islam di sekolah / madrasah / perguruan tinggi dan masyarakat.
  3. Konsultan Pendidikan Agama Islam di sekolah / madrasah / perguruan tinggi dan masyarakata.