Home / AGENDA PROMOSI DOKTOR / SELAMAT KEPADA EMA HIDAYANTI ATAS PENCAPAIAN GELAR DOKTOR (S3) DI PROGRAM PASCASARJANA UIN WALISONGO SEMARANG

SELAMAT KEPADA EMA HIDAYANTI ATAS PENCAPAIAN GELAR DOKTOR (S3) DI PROGRAM PASCASARJANA UIN WALISONGO SEMARANG

 

 

Ema Hidayanti Raih Cumlaude pada Ujian Terbuka S3 Pascasarjana UIN Walisongo

Ema Hidayanti (17/2) mahasiswi S3 Pascasarjana UIN Walisongo telah menyelesaikan Ujian Terbuka S3 dengan mempromosikan penelitiannya tentang keberagamaan Islam pada pasien HIV/AIDS di RS Kariadi Semarang dengan nilai sempurna.

Ema Hidayanti menaruh perhatian tentanya cukup tingginya pengidap HIV/AIDS. Provinsi Jawa Tengah adalah.provinsi terbesar kelima dalam jumlah pengidap HIV/AIDS.  Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah adalah kota tertinggi jumlah pengidap HIV/AIDS di antara kota-kota lain di Jawa Tengah. RS Kariadi sendiri adalah RS rujukan bagi pengidap HIV/AIDS. Sejak 2005-2018, RS Kariadi telah melayani 3284 pasien HIV/AIDS. Selain tindakan medis, RS Kariadi juga melengkapi dengan kegiatan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS). Dengan teori IR (Islamic Religiousity) melalui pendekatan istinbath, iqtibas, dan istiqra, Ema Hidayanti semua informan memakai Islamic belief dan menerapkannya untuk memaknai diagnosis HIV/AIDS. Selain itu kualitas hidup pasien HIV/AIDS nilai menjadi lebih baik meliputi dimensi fisik, psikospiritual, sosial, dan kebebasan di lingkungan. Selain itu, IR sebagai faktor penentu health seeking behavior juga melahirkan strategi koping relijius positif dalam menghadapi komplesitas masalah pada pasien HIV/AIDS.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa aspek reliji merupakan aspek dominan yang mempengaruhi aspek lainnya (bio-psiko-sosio).

Prof. Dr. H. Amin Syukur, MA selaku promotor memuji disertasi Ema Hidayanti sekaligus beberapa kali menyebut Ema Hidayanti seperti cabe rawit, karena meskipun memiliki postur tubuh yang kecil tapi kualitas yang dihasilkan dalam disertasi sangat baik. Pada ujian terbuka ini, Ema Hidayanti meraih nilai 4.00, atau sempurna dari semua penguji.

Prof. Dr. H. Abdul Ghofur M.Ag selaku Direktur Pascasarjana UIN Walisongo sekaligus Ketua Sidang mengapresiasi penelitian dari Ema Hidayanti serta menasehati untuk segera punya anak karena kecerdasan seorang ibu biasanya akan menurun pada anaknya. Selain itu, Direktur Pascasarjana juga memberi pesan untuk tidak berhenti belajar meskipun sudah selesai S3 karena ilmu yang didapat harus sebanding dengan hidayah, tidak ada artinya ilmu jika tidak menambah hidayah. Diharapkan setelah lulus dari Pascasarjana UIN Walisongo, Ema Hidayanti bisa menjaga nama baik almamater dan berkiprah untuk kemajuan ilmu pengetahuan di masa depan khususnya di tempat bertugas, yaitu sebagai dosen di Fakultas Dakwah dan Komunikas UIN Walisongo Semarang..

Atas nama civitas akademika Pascasarjana UIN Walisongo Semarang mengucapkan selamat kepada;

Dr. Ema Hidayanti. atas pencapaian gelar doktor (S3) di Pascasarjana UIN Walisongo Semarang bidang Studi Islam dengan judul disertasi:
“Studi Islamic Religiousity dan Relevansinya dengan Kualitas Hidup Pasien HIV/AIDS di RSUP Dr. Kariadi Semarang.”

Semoga dapat mengamalkan ilmunya untuk kemajuan nusa, bangsa dan agama. (maola)

 

Check Also

Pengumuman PMB Pascasarjana Semester Gasal/Genap Tahun Akademik 2020/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *