Home / AGENDA PROMOSI DOKTOR / SELAMAT KEPADA Dr. ARIS PUJI PURWATININGSIH ATAS PENCAPAIAN GELAR DOKTOR (S3) DI PROGRAM PASCASARJANA UIN WALISONGO SEMARANG

SELAMAT KEPADA Dr. ARIS PUJI PURWATININGSIH ATAS PENCAPAIAN GELAR DOKTOR (S3) DI PROGRAM PASCASARJANA UIN WALISONGO SEMARANG

 

Meneliti Filantropi Islam di Semarang, Aris Puji Purwatiningsih Berhasil Menyelesaikan Studi S3.

 

Dr. Aris Puji Purwatiningsih (37 tahun) berhasil menyelesaikan studi doktoral dalam tujuh semester. Hal itu dibuktikan dengan terselenggaranya ujian promosi pada tanggal 4 Desember 2019. Dr. Aris Puji Purwatiningsih mempertahankan disertasinya berjudul “Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pendidikan, dan Afiliasi Lembaga Keagamaan terhadap Perilaku Filantropi Islam Masyarakat Kota Semarang (Studi Kasus NU dan Muhammadiyah)”.

 

Dr. Aris Puji Purwatiningsih menyoroti kemiskinan yang membutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Filantropi sebagai bentuk solidaritas untuk mengentaskan kemiskinan adalah salah satu bentuk partisipasi masyarakat. Dalam risetnya, beliau meneliti 336 responden dari 16 kecamatan di Semarang. Dari penelitiannya, Dr. Aris Puji Purwatiningsih menyimpulkan bahwa tingkat pendapatan dan pendidikan signifikan dalam mempengaruhi perilaku filantropi Islam masyarakat kota Semarang, tetapi afiliasi lembaga keagamaan tidak signifikan mempengaruhi filantropi Islam masyarakat kota Semarang.Sementara itu secara kuantitatif disebutkan bahwa kombinasi tertinggi ditunjukkan oleh pendapatan tinggi, pendidikan tinggi, dan afiliasi lembaga kegamaan NU dengan rata-rata Rp. 2.452.244,00. Sedangkan kombinasi terendah ditunjukkan oleh pendapatan rendah, pendidikan rendah, dan afiliasi lembaga keagamaan Muhammadiyah dengan rata-rata Rp. 100.000,00.

 

Dr. Aris Puji Purwatiningsih mengatakan bahwa sebagai dua ormas terbesar di Indonesia, seharusnya bisa memberikan pengaruh dan menggerakkan warganya untuk meningkatkan filantropi entah dalam bentuk Zakat, Infaq, Sedekah, atau Wakaf.

 

Prof. Dr. H. Imam Taufiq M.Ag selaku ketua sidang mengaku senang dengan penelitian ini dan menegaskan keistimewaan Islam dibanding filsafat barat. Jika filsafat barat mengenal altruism, dalam Islam dikenal itsar atau mendahulukan orang lain meski dirinya sendiri juga membutuhkan.

 

Dr. Aris Puji Purwatiningsih mengaku senang dan bersyukur bisa belajar dan menyelesaikan studi S2 dan S3 di UIN Walisongo Semarang. Ke depannya, ia akan melanjutkan karir dan pengabdian sebagai dosen di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang.

 

Atas nama civitas akademika Pascasarjana UIN Walisongo Semarang,mengucapkan selamat kepada;

 

Dr. Aris Puji Purwatiningsih

Atas pencapaian gelar doktor (S3) di Pascasarjana UIN Walisongo Semarang Bidang Ekonomi Islam. Semoga dapat mengamalkan ilmunya untuk kemajuan nusa, bangsa dan agama. (maola)

Check Also

Pengumuman PMB Pascasarjana Semester Gasal/Genap Tahun Akademik 2020/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *