Home / BERANDA / “HALAL IS MY LIFESTYLE” DAN BERKAH RAMADHAN

“HALAL IS MY LIFESTYLE” DAN BERKAH RAMADHAN

Assalamualaikum wrwb.

Puji dan syukur hanya milik Allah. Mari kita syukuri anugrah dan karunia Allah, yang kita tidak mampu menghitungnya. Hanya karena anugrah-Nya, kita sehat afiat dan dapat menjalankan aktifitas kita, semoga kita tidak lupa meniatkannya sebagai ibadah dan dapat lebih menyempurnakan ibadah puasa kita. Shalawat dan salam mari kita senandungkan pada Baginda Rasulullah saw, keluarga, sahabat, dan pengikut yang berkomitmen meneladani beliau. Semoga semua urusan kita mendapat kemudahan dari Allah, dan kelak di akhirat kita mendapat syafaat dari Rasulullah saw.

Sebagai Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau LPPOM-MUI Jawa Tengah, saya dengan teman-teman keluarga besar LPPOM dan Pengurus MUI Provinsi Jawa Tengah wajib merasa bersyukur kepada Allah SWT. Atas karunia Allah dalam minggu ini, LPPOM MUI Jawa Tengah mendapatkan momentum dan anugrah yang luar biasa dari Allah yang telah menghamparkan rizqi-Nya di muka bumi ini, dalam melakukan upaya membangun budaya halal di Jawa Tengah.

Pasalnya, 3-5 Juni 2018, Muslim Trade Center (MTC) yang dibentuk beberapa waktu lalu atas kerjasama MUI Jawa Tengah, KADIN Jawa Tengah, Walikota Semarang, menggelar Trade Halal Expo 1439 H di Unnes Trade Center Sampangan Semarang. Saya hadir dan memberi sambutan pada acara tersebut yang diikuti oleh 150 UKM dan santunan anak-anak yatim.

Tanggal 5-7 Juni 2018, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan LPPOM MUI Provinsi Jawa Tengah menggelar acara yang cukup spektakuler di halaman Gedung Gradhika Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah yang diikuti 250 UKM di Jawa Tengah. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah menjanjikan 150 UKM yang belum mendapatkan sertifikat halal MUI, untuk dibiayai agar segera mengurus sertifikasi halal dan segera diproses pendaftarannya kepada LPPOM MUI Jawa Tengah.

Itu merupakan komitmen Kadinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah untuk membantu dan memberdayakan UKM yang ada di Jawa Tengah. Selama ini sudah ada beberapa Dinas Koperasi dan UKM di Beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang sudah memfasilitasi sertifikasi halal UKM atau IRT (Industri Rumah Tangga). LPPOM MUI juga bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM,  Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Instansi terkait di Provinsi  Jawa Tengah untuk memfasilitasi sertifikasi halal IRT atau UKM di Jawa Tengah.

Hingga tahun 2018 LPPOM MUI Jawa Tengah telah melayani sertifikasi halal tidak kurang dari 1.250 UKM secara cuma-cuma. Tentu bukan berarti dalam sertifikasi halal itu tidak membutuhkan biaya, akan tetapi biaya ditanggung oleh Dinas-dinas yang bekerjasama dengan LPPOM MUI Jawa Tengah.

       LPPOM MUI sudah menerapkan ISO 17065 dan sudah beberapa tahun membuka layanan sertifikasi halal secara online. Ini dimaksudkan agar sebagai Lembaga yang melayani masyarakat industri, menggunakan standard operation procedure atau SOP yang baku. Customer juga dapat mengakses secara terbuka, dalam proses sertifikasi halal. Ini perlu dijelaskan, agar tidak ada oknum siapapun yang memanfaatkannya untuk menyalahgunakan kesempatan untuk kepentingan yang tidak semestinya.

Halal sebagai Lifestyle

Halal sebagai gaya hidup saya atau Halal is My Lifestyle.  Itulah “motto” yang diambil oleh LPPOM MUI Jawa Tengah. “Perjuangan” LPPOM MUI Jawa Tengah menjalankan tugas bahwa sertifikasi halal itu masih bersifat sukarela atau voluntary memerlukan keseriusan, kesabafan, dan ketelatenan ekstra tinggi. Inisiatif untuk bersilaturrahim dan membangun jaringan dan mitrakerja, menjadi bagian yang sangat penting untuk merintis jalan membangun budaya halal di Jawa Tengah.

Sebenarnya agak aneh dan naif, Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, akan tetapi jaminan produk halal yang beredar di masyarakat, meskipun sudah lahir Undang-undang No. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal, belum semuanya produk yang beredar di pasaran, telah tersertifikasi kehalalannya. Karena amanat sertifikasi halal yang bersifat mandatory atau kewajiban bagi setiap produsen yang menjual produknya, belum bisa diberlakukan secara efektif. Bahkan RUU Jaminan Produk Halal ini konon membutuhkan waktu sampai 9 (sembilan) tahun. Tetapi itulah kenyataan yang harus dijalani dan disyukuri.

Saudaraku, dalam perspektif hukum Islam para Ulama merumuskan kaidah “ما لا يدرك كله لا يترك كله” artinya “apa yang tidak didapatkan seluruhnya tidak ditinggal seluruhnya”. Merefer kaidah tersebut, sambil menunggu berlakunya secara efektif UU No. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal, LPPOM MUI masih tetap berkomitmen melayani secara voluntary terhadap sertifikasi halal.

LPPOM MUI memegang prinsip bahwa untuk membangun budaya halal, atau halal sebagai gaya hidup, memerlukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas. Dalam ungkapan berbahasa Arab, dikemukakan قليلا و قليلا فصار جبلا   artinya “sedikit demi sedikit maka jadilah “gunung”. Dalam peribahasa Indonesia, “berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian” artinya “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”.

Saudaraku, bulan Ramadhan adalah bulan berkah. Jika di tahun 1439 H atau 2018 M ini, Pemprov Jawa Tengah bisa menggelar Jambore Halal 2018, maka tahun depan, sebagaimana sambutan pengarahan Plt. Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Sekda Dr. Ir. H. Sri Puryono, MM, akan diselenggarakan lebih besar lagi. Selain itu, Ketua Umum HIPMI Jawa Tengah Ferry Firmawan juga semangat.

Tampaknya Jambore Halal 2018 yang digelar Pemprov Jawa Tengah dengan leading sector Dinas Koperasi dan UKM,, Trade Halal Expo 1439 H oleh Muslim Trade Center di Unnes Trade Center, dan Rakor Ketahanan Pangan Kota Semarang 2018 yang melibatkan seluruh OPD dan Stake holder untuk mencanangkan Kuliner Halal Center di Kota Semarang, adalah wujud keberkahan dari Allah ‘Azza wa Jalla.

Anak-anak dan generasi muda di Kota Semarang yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Tengah insyaa Allah akan menjadi generasi muda yang shalih dan shalihah, apabila mereka sudah terbiasa dan terbudaya mengonsumsi produk yang halal dan thayyib. Karena tubuh kota sebagai manusia jika ingin sehat, aman, dan berkah, memang pilihannya hanya satu, mengonsumsi produk yang halal. Karena itu, tekad dan komitmen kota Semarang, yang sebentar lagi menjadi aren  perlintasan para pemudik dari Jakarta, Jawa Barat atau Jawa Timur, agar mampu menyediakan makanan yang sehat, aman, dan halal, sebagai jaminan mutu, perlu didukung dan dibudayakan secara simultan dan sinergis.

Dengan demikian, motto “Halal is My Lifestyle” akan bisa terwujud secara perlahan namun pasti. Ketika halal sudah menjadi budaya, maka pada saatnya, kita akan secara reflek, menolak apapun yang haram. Karena sebagaimana warning Rasulullah saw bersabda : “ Setiap daging yang tumbuh dari makanan haram, maka neraka lebih utama baginya”, adalah bentuk kepedulian dan kesungguhan beliau kepada kita sebagai umat beliau.

Allah a’lam bi sh-shawab.

Wassalamualaikum wrwb.

Ngaliyan Semarang, 8/6/2018.

Check Also

13 KEMULIAAN ORANG HAJI DARI SAYYID AHMAD AL-MALIKY

Hari Ahad, 1 Dzul Hijjah 1439 H adalah hari keberuntungan buat saya dan sebagian jamaah haji Indonesia dari berbagai daerah yang bersilaturrahim ke pesantren (ribath) Dr. Sayyid Ahmad bin Sayyid Muhammad bin ‘Alawy  al-Hasany al-Maliky. Di pesantren yang mayoritas santrinya berasal dari Indonesia dan berafiliasi ke madzhab Maliky, memang sudah sangat dikenal oleh pimpinan pesantren di Indonesia. Saya berkesempatan silaturrahim ke beliau, dijemput alumnus al-Azhar Mukhlish Syafiq, dan diantar oleh KH Labib yang juga mudir pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes, yang merupakan alumni pesantren Dr. Sayyid Ahmad tersebut, sehingga saya dapat bicara dan sempat digandeng sebentar oleh Sayyid Ahmad, sembari memperkenalkan diri, dan alhamdulillah diberi kesempatan untuk ikut duduk di barisan depan di sebelah Sayyid Ahmad mengajarkan kitab hadits Lawaqih al-Anwar al-Muhammadiyah  dan Kitab Lathaif al-Ma’arif tentang tashawuf. Beberapa tahun yang lalu, di luar musim haji, saya pernah sowan silaturrahjm, ketika beliau masih berusia 30 tahunan, bersama dengan beberapa ulama dari Indonesia, Jawa Tengah dan Jawa Timur, ke Habib Umar al-Jilany di wilayah Mekah juga, setelah itu ke Habib Umar bin Salim pemimpin dan pengasuh pesantren  Dar al-Musthtafa Tarim Hadlramaut dan diundang oleh mahasiswa Indonesia di Dar al-Ahqaf Yaman. AlhamduliLlah setelah pengajian saya mendapatkan hadiah beberapa kita karangan Sayyid Muhammad bin ‘Alawy di antaranya: 1. Al-Hajj : Fadlail wa Ahkam, 2. Muhammad saw : Al-Insan al-Kamil, 3. Mafahim Yajib an Tushahhah, 4. Al-Qawa’id al-Asasiyah fi ‘Ulum al-Qur’an, 5. Al-Qawa’id al-Asasiyah fi Ushul al-Fiqh, 6. Tarikh al-Hawadits wa al-Ahwal al-Nabawiyah, 7. Haula Dzikraa al-Ihtifal bi al-Maulid al-Nabawy, dan 8. Kasyfu al-Ghummah fi Ishthina’ al-Ma’ruf wa Rahmati al-Ummah.  Sayyid Ahmad kabarnya belum lama mendapatkan gelar doktor dalam ilmu tafsir dari Universitas al-Azhar Mesir dengan predikat Mumtaz Jiddan atau summa cumlaude. Tampaknya memang kharisma dan pengaruh Sayyid Ahmad ini mewarisi ayahnya Sayyid Muhammad bin Alawy al-Hasany al-Maliky ini yang sangat dikagumi masyarakat dan jamaah haji Indonesia. Setelah selesai pengajian, dilanjutkan dengan shalat isya’ berjamaah. Setelah selesai shalat Jamaah, semua jamaah dipindahkan ke halaman pondok dengan gelaran karpet untuk menimmati makan malam model Arab, dengan nampan besar berisi nasi menu Arab. Jamaah haji Indonesia  yang hadir sangat banyak, memadati ruangan pengajian yang cukup besar. Sampai shaf yang paling depan pun diminta maju ke depan. Pengajian yang dilaksanakan setelah shalat Maghrib, diawali dengan membaca Al-Qur’an surat Yasin dan al-Mulk. Pengajjan dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 1-7 Dzulhijjah 1439. Merujuk kitab al-Hajj : Fadlail wa Ahkam, ada tiga belas keutamaan dan kemuliaan haji, oleh karena itu para jamaah haji perlu memahaminya agar ibadah hajinya berhasil dan mendapatkan haji mabrur. Pertama, sesungguhnya ibadah haji itu untuk menghancurkan dosa-dosa sebelumnya. Sahabat ‘Amr bin al-Ash ra, yang ingin seluruh dosanya diampuni dengan syarat. Rasulullah saw bersabda: “Ingat, kamu tahu bahwa agama Islam merusak apa yang sebelumnya, hijrah untuk merusak apa yang sebelumnya, dan ibadah haji merusak dosa sebelumnya” (Muslim). Untuk memahmai hadits ini, tentu membutuhkan pemahaman yang cerdas dan bijak. Kedua, orang yang nelaksanakan ibadah haji adalah pejuang (mujahid). Riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda : “Jihad besar, kecil, dan perempuan: haji dan umrah” (dikeluarkan al-Nasai). Seorang laki-laki datang kepada Nabi saw berkata, “Sungguh aku ingin berjihad fi sabiliLlah”. Rasulullah saw bersabda: “Ingat aku tunjukkan atas jihad yang tidak membutuhkan kekuasaan di dalamnya”. Ia berkata: “Ingat”. Rasulullah saw bersabda : “Haji di Baitullah”. Ketiga, orang yang berhaji adalah delegasi (wafdu) Allah. Rasulullah saw bersabda: “Delegasi Allah itu ada tiga, orang yang berperang (al-ghazi), orang yang berhaji, dan orang yang umrah”. (Riwayat al-Nasai dan Ibn Hibban). Dalam riwayat dari Ibnu Umar, Rasulullah saw bersabda : “Jamaah Haji dan Umrah adalah delegasi Allah, apabila mereka meminta diberi, apabila berdoa dikabulkan, dan apabila berinfaq diganti apa yang mereka infaqkan” (ditakhrij Tamam al-Razi). Keempat, orang yang haji diijabahi doanya. Riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah saw : “Lima doa yang tidak ditolak; doa orang haji hingga keluar, doa orang yang perang hingga pulang, doa orang yang teraniaya hingga ditolong, doa orang yang sakit, doa saudara pada saudaranya secara ghaib. Dan yang paling cepat dari doa-doa tersebut diijabahi,  adalah doa pada saudaranya secara ghaib” (Hadits shahih dari Said bin Jubair). Kelima, orang yang haji infaqnya di jalan Allah. Riwayat dari Buraidah ra, Rasulullah saw bersabda : “Nafkah dalam haji seperti infaq fi sabiliLlah. Dirham dilipatgandakan 700 kali lipat”. (Ditakhrij Abu Syaibah dan Ahmad). Keenam, orang yang haji dirhamnya dilipatgandakan 40 juta. Riwayat dari Aisyah ra, Rasulullah saw bersabda : “Apabila orang yang haji keluar dari rumahnya, maka ia dalam penjagaan Allah, apabila ia mati sebelum melaksanakan haji, pahalanya dijamin Allah, apabila ia tinggal sampai selesai haji, diampuni dosa yang lalu dan yang akhir, infaqnya satu dirham dipasankan dengan empat puluh juta, dibanding lainnya” (lihat al-Qira li Qashid Umm al-Qura). Ketujuh, orang yang melaksanakan ibadah haji, nafkahnya diganti (lihat riwayat Tamam al-Razi), Kedelapan, orang yang melaksanakan haji, ditolong (oleh Allah), sebagaimana sabda Rasulullah saw : “Ada empat hal, yang Allah mewajibkan menolongnya, orang yang perang, orang yang menikah, orang yang memerdekakan budak, dan orang yang haji”. Kesembilan, orang yang haji itu adalah penolong (syafi’). Riwayat dari Abu Musa al-Asyary ra menganggap hadits marfu’ sabda Rasulullah saw : “Orang yang haji menolong (yasyfa’u) empatratus dari keluarga rumahnya” (ditakhrij Abdu r-Razzaq). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *