Home / GAGASAN / POM

POM

Tanggal 11 Mei 2018
POM
Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i

Tanggal 11 Mei diperingati sebagai hari POM TNI. Semula Polisi Militer (PM) atau POM merupakan satauan militer yang memelihara, menegakkan disiplin, hukum, serta tata tertib di dalam lingkungan militer. Maka Tugas POM antara lain melakukan penyelidikan suatu kejahatan/criminal pada anggota militer, namun dalam kasus tertentu bersama polisi menyelesaikan kasus yang menimpa masyarakat sipil juga.
Di Indonesia terdapat tiga korps Polisi Militer mewakili tiga kesatuan yang ada, antara lain POMAD (polisi militer angkatan darat), POMAL (polisi militer angkatan laut) dan POMAU (polisi militer angkatan udara). (https://id.wikipedia.org/wiki/Polisi_militer)
Setiap manusia pembuat salah baik disengaja maupun tidak. Unsur kesalahan yang telah disepakati sanksinya harus ada yang menegakkan, itulah polisi. Polisi secara umum akan membantu pemerintah dalam mengamankan orang-orang yang bersalah untuk mendapatkan putusan hukum dati pengadilan, demikian pula polisi militer yang secara spesifik menyebut satuan militer yang juga terdiri dari manusia pula sehingga aparat inipun jika bersalah tetap mendapatkan sanksi yang telah diatur dalam ketentuan yang lebih khusus pada satuannya.
Memang Nabi Saw sendiri tidak menampik bahwa manusia tempat salah, dan sebaik-baik mereka yang bertaubat, namun pertaubatan tidak dapat menghapuskan begitu saja kesalahan yang melibatkan apalagi merugikan orang lain, oleh sebab itu pengadilan tetap dibutuhkan diluar mental menyesal atau taubat tumbuh dalam sanubarinya. Sebagaimana hadis riwayat at-Turmudzi
عن أنس رضي الله عنه مرفوعا: كل ابن آدم خطاء، وخير الخطَّائين التوّابون
Dari Anas bin Malik Ra., dirafa’kan kepada Nabi Saw: setiap manusia pembuat salah, dan sebaik baik pembuat kesalahan adalah mereka yang bertaubat
Hadis ini bukan meniadakan proses hukum, melainkan rehabilitasi kemanusiaan kita dihadapan Allah, karena hanya orang yang bersih saja yang dapat berteu dengan-Nya, dan yang dimaksud bersih tidak hanya dihadapan sesame makhluknya, melainkan di hadapan Allah juga. Oleh sebab itu siapapun yang melakukan kesalahan harus memperbaiki diri melalui pertaubatan dan menjalani sanksi social yang telah disepakati.
Polisi memiliki tugas untuk mengamankan serta menjaga agar mereka yang cacat di mata hukum benar-benar mendapatkan keadilan, demikian pula polisi militer yang sekupnya lebih terbatas pada satuan militer dan tugas tugas yang dibebankan kepadanya sebagaimana diatur perundangan di negeri ini.
Dirgahayu polisi militer, tugasmu lebih berat karena harus bisa menjaga orang-orang yang seharusnya menjaga masyarakat maupun negeri ini, namun dipundakmu juga ada amanah yang tidak dapat disepelehkan karena PM pun juga manusia yang dapat berbuat salah, maka pekerjaanmu pun akan dimintai pertanggungjawaban, semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan hidayah kepada satuan ini sehingga dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Check Also

Memberi

Tanggal 30 Mei 2018 Memberi Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i Tanggal 30 Mei diperingati sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *