Home / BERANDA / Palang Merah

Palang Merah

Tanggal 8 Mei 2018
Palang Merah
Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i

Tanggal 8 Mei 1948 mulai diperingati sebagai hari Palang Merah Sedunia, sebuah gerakan kemanusiaan yang didasarkan kepada gerakan kemanusian yang dilakukan seorang Henry Dunant yang lahir pada tanggal tahun 1828. (http://uiupdate.ui.ac.id/node/15284)
Henry Dunant merupakan inspirator pembentukan ICRC (Komite Internasional Palang Merah) tahun 1863. Atas gagasan-gagasan dialah tahun 1901 ia diberi penghargaan Nobel Perdamaian untuk yang pertama kali.
Di Indonesia sendiri gerakan Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengembangkan diri sebagai gerakan kemanusian dengan slogannya “Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama”. Semangat ini merupakan semangat yang juga ada dalam nilai-nilai yang diajarkan al-Qur’an surat al-Maidah ayat 32
مِنْ أَجْلِ ذَلِكَ كَتَبْنَا عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَن قَتَلَ نَفْساً بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعاً وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعاً وَلَقَدْ جَاءتْهُمْ رُسُلُنَا بِالبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيراً مِّنْهُم بَعْدَ ذَلِكَ فِي الأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ ﴿٣٢﴾
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi.
Semangat kemanusian yang ada pada ayat di atas, seharusnya menjadi inspirasi setiap muslim untuk tidak mudah meneteskan apalagi mengucurkan darah manusia, mengingat darah manusia sangat berharga bagi kehidupannya, mereka yang tidak lagi menghargai kehidupan manusia yang lainnya atau kehidupannya sendiri adalah mayat hidup yang tidak memiliki nilai manfaat.
Terlebih Nabi Saw juga mengingatkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang mampu memberikan nilai atau kemanfaatan bagi yang lainnya bukan yang memberikan madharat bagi yang lain. Sebagaimana riwayat ath-Thabarani
عن ابن عمر قال رسول الله صلى الله عليه وسلم خير الناس أنفعهم للناس
Dari Ibn Umar, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi mereka
Mari kita camkan dalam diri kita dalam rangka memperingati hari Palang Merah sedunia, sekiranya kita tidak mampu membantu manusia, jangan ganggu mereka, jika tidak mampu menghidupi banyak orang, pedulilah untuk menghidupi diri dengan cara yang baik, syukur bisa memberi secercah kehidupan bagi yang lain, insyaallah akan dicatat sebagai hamba-Nya yang baik di sisi-Nya.

Check Also

DARI MASJID UNTUK KEADILAN DAN KEDAMAIAN

Assalamualaikum wrwb. Alhamdulillah atas ijin Allah, saya dan jamaah di hari ketiga di Madinah, dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *