Home / GAGASAN / LSD

LSD

Tanggal 5 Mei 2018
LSD
Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i

Tanggal 5 Mei diperingati sebagai hari LSD (Lembaga Sosial Desa). Lembaga ini merupakan salah satu organisasi pemerintahan desa yang beranggotakan semua masyarakat desa tersebut dengan tujuan berpartisipasi secara aktif dan kreatif untuk mendukung progam pemerintah, sebagaimana diungkapkan Soerjono Soekanto bahwa fungsi lembaga social ini antara lain:
1. Memberikan acuan bagi masyarakat untuk menyikapi masalah yang timbul di lingkungannya termasuk pemenuhan kebutuhan.
2. Memelihara keutuhan masyarakat
3. Mengarahkan masyarakat untuk memiliki sistem pengendalian social dan pengawasan (https://kuyahitam.blogspot.co.id/2016/05/selamat-hari-lembaga-sosial-desa.html)
Hadirnya lembaga social seperti ini diharapkan mampu menyelesaikan berbagai masalah social jauh lebih cepat dan efektif, karena unit terkecil dari negera ini yaitu desa, tidak mungkin mengandalkan yang lein sebelum warga yang ada di dalamnya melakukan upaya-upaya sendiri.
Sebagaimana manusia secara umum tidak mungkin berubah nasibnya sekiranya mereka tidak memulai untuk merubah diri mereka sendiri, sebab Allah tidak akan merubah suatu kaum hingga mereka memiliki tekad untuk melakukan perubahan, sebagaimana isyarat al-Qur’an surat ar-Ra’d ayat 11
لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللّهِ إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللّهُ بِقَوْمٍ سُوءاً فَلاَ مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَالٍ ﴿١١﴾
Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.
Selain itu, Allah juga telah mengingatkan bahwa keberkahan suatu desa, sekiranya manusia-manusia di dalamnya beriman dan bertaqwa, artinya masing-masing meyakini keberadaan Allah dan percaya akan hadirnya hari pembalasan serta diikuti ketaqwaan yang tertanam dalam pribadinya seperti suka berbagi, tidak emosional, pemaaf, berbuat ihsan dan lainnya, sebagaimana tertuang dalam Qs al-‘A’raf ayat 96
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ ﴿٩٦﴾
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.
Dirgahayu LSD semoga tujuan yang digadang-gadang dapat terwujud, pada akhirnya Allah akan senantiasa menurunkan keberkahan yang tak terhingga di setiap desa yang dihuni warga yang baik, beriman dan bertaqwa, amin ya rabbal alamin.

Check Also

Memberi

Tanggal 30 Mei 2018 Memberi Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i Tanggal 30 Mei diperingati sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *