Home / GAGASAN / Gigi

Gigi

Tanggal 4 April 2018
Gigi
Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i

Tanggal 4 April 1971 merupakan hari lahirnya musisi nasional Tubagus Armand Maulana, ia merupakan vokalis Gigi, semula penggemar music rock Genesis ini memulai karir dari bakat coverboy juga grup music di sekolah SMAnya. Armand menikahi Dewi Gita serta dikaruniai putrid Naja Dewi Maulana. (https://id.wikipedia.org/wiki/Armand_Maulana)

Salah satu lagunya yang patut jadi renungan kita adalah amnesia, isi syair lagu ini adalah sebagai berikut:

Berbuat baik jika kau dilihat orang
Berkata halus jika kau didengar orang
Menghujat orang pun tak pernah ditinggalkan
Dzolimi orang pun selalu dilakukan
Kadang kau beramal
Kadang kau memfitnah
Padahal Tuhan selalu melihat

Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam amnesia
Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam amnesia

Lagu ini memuat kritik sosial dengan symbol-syimbol agama seolah religious namun dalam dirinya ada split personality sehingga tampak seperti bermuka ganda. Salah satu indikatornya adalah rajin ibadah tapi hanya untuk pamer, sehingga kejahatannya tetap exist dalam kehidupan sehari hari.

Dala pandangan Islam, tipologi orang yang berbeda antara ucapan dan perbuatan antara yang dhahir dengan bathin merupakan gambaran orang orang munafiq, dan sepenjang kemunafikan ada di mana-mana, maka umat Islam tidak pernah akan mencapai kejayaannya karena semakin jauh dari Allah, dan sudah barang tentu negeri Indenesia dengan mayoritas muslimnya juga tidak akan memperoleh kejayaannya atau tidak mendapatkan ridla Allah bahkan semakin jauh dari-Nya, termasuk berkah-Nya.

Dalam Hadis riwayat ath-Thabarani dari sahabat al-Hasan menyebutkan bahwa,
مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ تَنْهَهُ عَنِ الفَحْشَاءِ وَالمنْكَرِ، لَمْ يَزْدَدْ بِهَا مِنَ اللهِ إِلاَّ بُعْدًا
Barangsiapa yang melaksanakan shalat, lantas shalat tersebut tidak mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin menjauh dari Allah.

Ayo kita beribadah sekaligus berkomitmen untuk mewujudkan atsar ibadah kita dalam kehidupan sehari hari sehingga Allah akan senantiasa memberkati kita semua khususnya negeri Indonesia yang kita cintai. Ingat lagu amnesia supaya kita segera sadar tidak termasuk orang yang ada dalam gambaran syair lagunya Gigi tersebut.

Check Also

Memberi

Tanggal 30 Mei 2018 Memberi Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i Tanggal 30 Mei diperingati sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *