Home / BERANDA / Yahoo

Yahoo

Tanggal 2 Maret 2018
Yahoo
Oleh: Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i

Tanggal 2 Maret 1995, merupakan hari berdirinya perusahaan internet multinasional Yahoo. Masyarakat pengguna internet sudah tidak asing mendengar nama ini. Perusahaan ini berkedudukan di Sunnyvale California Amerika Serikat.
Pendiri Yahoo adalah Jerry Yang dan David Filo. Perusahaan ini mengusung beberapa portal webnya serta beberapa mesin pencari seperti Yahoo Search, Yahoo Directory, Yahoo Mail, Yahoo News, Yahoo Finance, Yahoo Groups, Yahoo Answers, dan sejumlah situs berikut layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.
Pada awalnya perusahaan Yahoo ini hanyalah semacam bookmark atau petunjuk halaman buku yang muncul pada bulan April 1994. Berawal dari dua orang mahasiswa alumni Universitas Stanford tersebut mengonlinekan database yang mereka kumpulkan sehingga dapat diakses oleh siapapun. Sehingga yang awalnya bookmark ini dinamai Jerry and David’s Guide to World Wide Web diubah menjadi Yahoo (Yet Another Hierarchical Officious Oracle). (https://id.wikipedia.org/wiki/2_Maret)
Dalam pandangan Islam kerja mereka ini merupakan jariyah informasi yang justru umat Islam didorong untuk sebanyak-banyaknya melakukan hal itu. Pantas jika para ulama terdahulu melakukan aktifitas rihlah ilmiah uantuk berburu ilmu dan setelah diperoleh semangat untuk dicatat dan dihimpun yang pada akhirnya ditularkan kepada generasi berikutnya, itulah jariyah mereka.
Kapankah kita yang telah hidup di tengah manjanya berbagai kemudahan memperoleh informasi berbagi untuk orang lain dengan meninggalkan jejak yang terus menerus dapat dimanfaatkan generasi berikutnya. Inilah tantangan yang perlu dijawab bukan dengan alasan atau penyangkalan, melainkan dengan terus berkarya yang bermanfaat bagi banyak umat, semakin banyak yang menikmasti karya kita, maka semakin luas pula jariyah kita kepada genarasi sekarang dan masa mendatang.
Sebagaimana isyarat hadis Nabi Saw (HR Muslim)
عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذا مات الإنسانُ انقطع عنه عملهُ إلا من ثلاثةٍ إلا من صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له
Dari Abu Hurairah Ra., bahwa Nabi Saw bersabda: bila manusia mati, terputuslah amal darinya kecuali tiga hal, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan serta anak shalih yang senantiasa mendoakannya.
Ayo jangan kalah dengan Jerry dan David yang telah berjariyah portal ilmu melalui Yahoo nya, siapa tahu lahir portal-portal yang dibangun muslim yang mampu mengimbangi Yahoo, Google dan lainnya syukur dapat melampauinya, khususnya kalangan muda yang bergelut dengan dunia internet, semoga muslim dapat mewarnai portal dunia yang lebih baik lagi. Bismillah
2 maret

Check Also

Diskusi “Tantangan UIN Walisongo Dalam Menyiapkan Indonesia Sebagai Pusat Kajian Islam Internasional”

Hadirilah Acara Diskusi “Tantangan UIN Walisongo Dalam Menyiapkan Indonesia Sebagai Pusat Kajian Islam Internasional” yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *