Home / KOLOM DIREKTUR / BANK JATENG (SYARIAH), TEBAR HADIAH, RAIH PRESTASI

BANK JATENG (SYARIAH), TEBAR HADIAH, RAIH PRESTASI

Assalamualaikum wrwb.
        Mari kita bersyukur kepada Allah, yang melimpahkan anugrah dan kasih sayang-Nya pada kita semua. Karena anugrah dan kenikmatan-Nya, kita sehat afiat dan dapat melaksanakan aktifitas kita dengan baik. Semoga semua urusan kita lancar tanpa halangan apapun. Mari niatkan ibadah agar kita selain meraih kesuksesan dunia juga akan mendapat bagian pahala di akhirat nanti. Shalawat dan salam mari kita wiridkan mengiringi Allah dan para Malaikat yang senantiasa bershalawat untuk Nabi Muhammad Rasulullah saw. Semoga tercurah juga pada keluarga, para sahabat, dan pengikut setia yang berkomitmen meneladani beliau.
       Saudaraku, saya mendapat kehormatan diundang untuk menghadiri acara Undian Tabungan iB Bima Periode I tahun 2017-2018, yang ditempatkan di Kantor Cabang Syariah (KCS) Purwokerto di Jln. Overste Isdiman No. 532 A Purwokerto. Acara tebar hadiah ini, merupakan acara rutin sebagai bagian dari strategi bisnis untuk menarik minat nasabah (customer) agar menempatkan atau menitipkan dananya di Bank Jateng Syariah, apakah itu tabungan iB Amanah, atau tabungan lainnya, deposito, atau giro yang disebut dana pihak ketiga (DPK).
       Secara syariah, hadiah dibiayai dari dana promosi yang memang dialokasikan untuk itu. Tidak diambilkan dan dibebankan kepada dana nasabah. Karena jika pola yang kedua ini yang dilakukan, tidak diperbolehkan, karena bisa mengandung  maisir. Selain dari itu, tebar hadiah ini, merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur manajemen, untuk berbagi keuntungan yang sudah menjadi bagian perusahaan,  di luar akad langsung yang menjadi kesepakatan antara bank dan nasabah.
       Saudaraku, bank adalah instrumen keuangan yang berfungsi menjembatani (intermediation) antara nasabah dengan para pemilik dana (shahibul mal) untuk saling tolong menolong yang sama-sama menguntungkan. Nasabah yang merintis atau melakukan usaha, mendapatkan dana modal dari nasabah melalui bank, guna mengembangkan usahanya. Sementara bank mendapat bagi hasil keuntungan yang dilakukan nasabah (mudlarib, musyarik, mustashni’, dan lain sebagainya) yang modalnya dari bank, yang meeakili shahibul mal.
       Ajaran Islam menganjurkan pemeluknya, untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa. Firman Allah :
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
“…Dan bertolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolonglah kamu dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesunggunnya Allah amat berat siksaan-Nya” (QS. Al-Maida: 2).
       Saudaraku, tolong menolong tidak selalu dalam konteks non-profit oriented atau tidak berorientasi mendapat keuntungan, akan tetapi saling tolong menolong yang sama-sama mendapatkan keuntungan itu juga dianjurkan oleh Islam. Dalam sebuah hadits qudsi, hadits yang redaksinya dikutip oleh Rasulullah saw, dari Allah SWT:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : ” أَنَا ثَالِثُ الشَّرِيكَيْنِ مَا لَمْ يَخُنْ أَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ , فَإِذَا خَانَا خَرَجْتُ مِنْ بَيْنِهِمَا ” .  رواه ابو داود
Riwayat dari Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah saw bersabda, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Aku adalah pihak ketiga dari dua orang yang berserikat selama salah satu dari mereka tidak mengkhianati temannya. Maka apabila kedua pihak berkhianat maka Aku keluar dari antara mereka” (Riwayat Abu Dawud).
        Atas dasar itulah Bank Jateng Syariah menyadari bahwa dengan berbagi hadiah kepada para nasabah, kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi. Dan implikasi ikutannya, mereka akan menempatkan dananya di Bank Jateng Syariah. Tentu tebar hadiah ini, hanya salah satu instrumen promosi untuk menanamkan kepercayaan kepada masyarakat.
        Ada yang lebih penting dari itu, yakni bagaimana Bank Jateng Syariah dikelola secara profesional, dengan SOP dan budaya kerja yang efisien, amanah, dan profesional. Perusahaan yang ingin mendapat kepercayaan dan branding yang bisa meyakinkan masyarakat, adalah konerja (performance) yang baik, memuaskan nasabah, dan budaya kerja yang kondusif, friendly, saling menghormati dan memanusiakan sesama keluarga Bank Jateng Syariah.
 The Winner for Most Efficient Sharia Unit Bank
        AlhamduliLlah, pada tahun 2017 Bank Jateng banyak menorehkan prestasi gemilang. Di antara banyak penghargaan atau award yang diraih sebagaimana dirilis dalam web bankjateng.co.id  adalah sebagai berikut: Pertama, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah atau Bank Jateng-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Efficient Sharia Unit Bank. Kedua, Instansi Terbaik 2016 Kategori Industri Jasa Keuangan (Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jawa Tengah & DIY) sebagai “Pendukung terbaik dalam membantu UMKM mendapatkan fasilitas kredit dengan program suku bunga rendah (subure) 7%, Program Simpanan Pelajar dan Laku acheter du cialis en ligne Pandai”.
 Ketiga, pengelolaan CSR Terbaik – Indonesia Corporate Sosial Responsibility Award 2017 (ICSRA) – Peringkat 1. Keempat, Pelopor Suku Bunga Kredit Rendah – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah. Kelima, Best Of 2017 Indonesia Business Quality Award – Kategori “The Most Trusted Banking & Service In Customer Satisfaction Of The Year 2017”. Keenam, perusahaan paling taat membayar pajak, dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pajak – KPP Madya Semarang – SUNG TULADHA III – Pembayaran Pajak Tahun 2016 “Amargi Pajek Handayani Nagari”.
 Ketujuh, Satria Brand Award 2017 – Bank Daerah yang Beroperasi di Jawa Tengah (Top Of Mind Awarness, Market Share, Customer Satisfaction & Loyalty Index). Kedelapan, Infobank – Banking Service Excellence 2017 – 7th Overall Regional Development Bank. Kesembilan, Investor Award Best Bank 2017 – Bank Terbaik 2017 Kategori Band Daerah Aset Lebih Dari Rp 10 T. Kesepuluh, Warta Ekonomi Indonesia – Special Mention For Promoting Smart Society. Kesebelas, Bank Pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR) Terbaik  – 6th Universitas Sebelas Maret Small Medium Entreprise’s (UNS SME’s) Summit & Awards 2017.
 Keduabelas, Infobank Award 2017 – Titanium Trophy 2017 (Predikat Sangat Bagus) untuk kinerja keuangan selama tahun 2002-2016 – Kategori Aset di atas 25 Triliun selama 15 tahun berturut-turut. Ketigabelas, Economic Review (Perbanas Institue) – Bank BPD Terbaik di Indonesia 2017 – Kategori BUKU II (Aset 50 T – 100 T). Keempat belas, Tempo Media Group – The Most Efficent Bank Kategori BPD Aset Diatas 30 T, dan kelimabelas, Tempo Media Group – The Most Reliable Bank Kategori BPD Aset Diatas 30 T.
Saudaraku, meraih prestasi memang tidak mudah di tengah kompetisi dan persainban pasar yang demikian ketat. Tetapi rasanya masih lebih mudah dicapai. Karena masih ada yang lebih penting yaitu penghargaan Titanium Trophy 2017 (Predikat Sangat Bagus) untuk kinerja keuangan selama tahun 2002-2016 – Kategori Aset di atas 25 Triliun selama 15 tahun berturut-turut. Dalam bahasa syariah, Bank Jateng (Syariah) ini benar-benar berusaha dan menjaga sikap dan prilaku istiqamah, sustainability, atau kesinambungan prestasi.
Banyaknya penghargaan (award) yang diraih oleh Bank Jateng (Syariah) menunjukkan bahwa kinerja  jajaran Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Dewan Pengawas Syariah, dan seluruh keluarga besar Bank Jateng (Syariah) masing-masing mampu memposisikan diri, untuk bekerja secara profesional, amanah, dan akuntabel dengan mengutamakan kerjasama dan iklim kerja yang kondusif. Pakta integritas untuk anti-fraud dan komitmen untuk “hidup berkah sesuai syariah” dalam pengelolaan Unit Usaha Syariah (UUS) menunjukkan kinerja yang membanggakan dan makin  mendapat kepercayaan dari masyarakat.
Jika kemudian UUS Bank Jateng ini berobsesi untuk menyapih diri melalukan spin off dengan target buku II sudah terlampaui, mudah-mudahan akan bisa diwujudkan. Tentu membutuhkan kerja keras, jihad di jalan Allah. Jika tekad dan keinginan itu sudah bulat, maka Allah yang akan membukakan jalan-Nya. Pasti keberkahan Allah itu akan datang, memayungi “sengatan matahari” yang memang sinarnya menjadi “vitamin” yang menguatkan. Allah SWT menegaskan:
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ  العنكبوت ٧٩
“Dan mereka yang bersungguh-sungguh untuk mengikuti jalan Kami, maka sungguh Kami akan menunjukkan jalan Kami, dan sesungguhnya Allah bersama-sama orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS. Al-‘Ankabut: 69).
Selamat Bank Jateng (Syariah) menebar hadiah, dan sukses meraih prestasi. Kami akan selalu mengingat “taushiyah”-mu, “hidup berkah sesuai syariah”, karena jalannya hidup ini akan terasa hampa dan kering, manakala tidak mendapat keberkahan dari Allah dengan mengikuti rambu-rambu syariah-Nya.
Allah a’lam bi sh-shawab.
Wassalamualaikum wrwb.
Aston Hotel Purwokerto, 28/9/2017.

Check Also

INDONESIA: “IRISAN SURGA” DI BUMI NUSANTARA

Assalamualaikum wrwb. Alhamdu liLlah wa sy-syukru liLlah. Segala puji hanya milik Allah. Mari kita syukuri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *