Home / 2018 / August / 16

Daily Archives: 16 August 2018

13 KEMULIAAN ORANG HAJI DARI SAYYID AHMAD AL-MALIKY

Hari Ahad, 1 Dzul Hijjah 1439 H adalah hari keberuntungan buat saya dan sebagian jamaah haji Indonesia dari berbagai daerah yang bersilaturrahim ke pesantren (ribath) Dr. Sayyid Ahmad bin Sayyid Muhammad bin ‘Alawy  al-Hasany al-Maliky. Di pesantren yang mayoritas santrinya berasal dari Indonesia dan berafiliasi ke madzhab Maliky, memang sudah sangat dikenal oleh pimpinan pesantren di Indonesia. Saya berkesempatan silaturrahim ke beliau, dijemput alumnus al-Azhar Mukhlish Syafiq, dan diantar oleh KH Labib yang juga mudir pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes, yang merupakan alumni pesantren Dr. Sayyid Ahmad tersebut, sehingga saya dapat bicara dan sempat digandeng sebentar oleh Sayyid Ahmad, sembari memperkenalkan diri, dan alhamdulillah diberi kesempatan untuk ikut duduk di barisan depan di sebelah Sayyid Ahmad mengajarkan kitab hadits Lawaqih al-Anwar al-Muhammadiyah  dan Kitab Lathaif al-Ma’arif tentang tashawuf. Beberapa tahun yang lalu, di luar musim haji, saya pernah sowan silaturrahjm, ketika beliau masih berusia 30 tahunan, bersama dengan beberapa ulama dari Indonesia, Jawa Tengah dan Jawa Timur, ke Habib Umar al-Jilany di wilayah Mekah juga, setelah itu ke Habib Umar bin Salim pemimpin dan pengasuh pesantren  Dar al-Musthtafa Tarim Hadlramaut dan diundang oleh mahasiswa Indonesia di Dar al-Ahqaf Yaman. AlhamduliLlah setelah pengajian saya mendapatkan hadiah beberapa kita karangan Sayyid Muhammad bin ‘Alawy di antaranya: 1. Al-Hajj : Fadlail wa Ahkam, 2. Muhammad saw : Al-Insan al-Kamil, 3. Mafahim Yajib an Tushahhah, 4. Al-Qawa’id al-Asasiyah fi ‘Ulum al-Qur’an, 5. Al-Qawa’id al-Asasiyah fi Ushul al-Fiqh, 6. Tarikh al-Hawadits wa al-Ahwal al-Nabawiyah, 7. Haula Dzikraa al-Ihtifal bi al-Maulid al-Nabawy, dan 8. Kasyfu al-Ghummah fi Ishthina’ al-Ma’ruf wa Rahmati al-Ummah.  Sayyid Ahmad kabarnya belum lama mendapatkan gelar doktor dalam ilmu tafsir dari Universitas al-Azhar Mesir dengan predikat Mumtaz Jiddan atau summa cumlaude. Tampaknya memang kharisma dan pengaruh Sayyid Ahmad ini mewarisi ayahnya Sayyid Muhammad bin Alawy al-Hasany al-Maliky ini yang sangat dikagumi masyarakat dan jamaah haji Indonesia. Setelah selesai pengajian, dilanjutkan dengan shalat isya’ berjamaah. Setelah selesai shalat Jamaah, semua jamaah dipindahkan ke halaman pondok dengan gelaran karpet untuk menimmati makan malam model Arab, dengan nampan besar berisi nasi menu Arab. Jamaah haji Indonesia  yang hadir sangat banyak, memadati ruangan pengajian yang cukup besar. Sampai shaf yang paling depan pun diminta maju ke depan. Pengajian yang dilaksanakan setelah shalat Maghrib, diawali dengan membaca Al-Qur’an surat Yasin dan al-Mulk. Pengajjan dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 1-7 Dzulhijjah 1439. Merujuk kitab al-Hajj : Fadlail wa Ahkam, ada tiga belas keutamaan dan kemuliaan haji, oleh karena itu para jamaah haji perlu memahaminya agar ibadah hajinya berhasil dan mendapatkan haji mabrur. Pertama, sesungguhnya ibadah haji itu untuk menghancurkan dosa-dosa sebelumnya. Sahabat ‘Amr bin al-Ash ra, yang ingin seluruh dosanya diampuni dengan syarat. Rasulullah saw bersabda: “Ingat, kamu tahu bahwa agama Islam merusak apa yang sebelumnya, hijrah untuk merusak apa yang sebelumnya, dan ibadah haji merusak dosa sebelumnya” (Muslim). Untuk memahmai hadits ini, tentu membutuhkan pemahaman yang cerdas dan bijak. Kedua, orang yang nelaksanakan ibadah haji adalah pejuang (mujahid). Riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda : “Jihad besar, kecil, dan perempuan: haji dan umrah” (dikeluarkan al-Nasai). Seorang laki-laki datang kepada Nabi saw berkata, “Sungguh aku ingin berjihad fi sabiliLlah”. Rasulullah saw bersabda: “Ingat aku tunjukkan atas jihad yang tidak membutuhkan kekuasaan di dalamnya”. Ia berkata: “Ingat”. Rasulullah saw bersabda : “Haji di Baitullah”. Ketiga, orang yang berhaji adalah delegasi (wafdu) Allah. Rasulullah saw bersabda: “Delegasi Allah itu ada tiga, orang yang berperang (al-ghazi), orang yang berhaji, dan orang yang umrah”. (Riwayat al-Nasai dan Ibn Hibban). Dalam riwayat dari Ibnu Umar, Rasulullah saw bersabda : “Jamaah Haji dan Umrah adalah delegasi Allah, apabila mereka meminta diberi, apabila berdoa dikabulkan, dan apabila berinfaq diganti apa yang mereka infaqkan” (ditakhrij Tamam al-Razi). Keempat, orang yang haji diijabahi doanya. Riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah saw : “Lima doa yang tidak ditolak; doa orang haji hingga keluar, doa orang yang perang hingga pulang, doa orang yang teraniaya hingga ditolong, doa orang yang sakit, doa saudara pada saudaranya secara ghaib. Dan yang paling cepat dari doa-doa tersebut diijabahi,  adalah doa pada saudaranya secara ghaib” (Hadits shahih dari Said bin Jubair). Kelima, orang yang haji infaqnya di jalan Allah. Riwayat dari Buraidah ra, Rasulullah saw bersabda : “Nafkah dalam haji seperti infaq fi sabiliLlah. Dirham dilipatgandakan 700 kali lipat”. (Ditakhrij Abu Syaibah dan Ahmad). Keenam, orang yang haji dirhamnya dilipatgandakan 40 juta. Riwayat dari Aisyah ra, Rasulullah saw bersabda : “Apabila orang yang haji keluar dari rumahnya, maka ia dalam penjagaan Allah, apabila ia mati sebelum melaksanakan haji, pahalanya dijamin Allah, apabila ia tinggal sampai selesai haji, diampuni dosa yang lalu dan yang akhir, infaqnya satu dirham dipasankan dengan empat puluh juta, dibanding lainnya” (lihat al-Qira li Qashid Umm al-Qura). Ketujuh, orang yang melaksanakan ibadah haji, nafkahnya diganti (lihat riwayat Tamam al-Razi), Kedelapan, orang yang melaksanakan haji, ditolong (oleh Allah), sebagaimana sabda Rasulullah saw : “Ada empat hal, yang Allah mewajibkan menolongnya, orang yang perang, orang yang menikah, orang yang memerdekakan budak, dan orang yang haji”. Kesembilan, orang yang haji itu adalah penolong (syafi’). Riwayat dari Abu Musa al-Asyary ra menganggap hadits marfu’ sabda Rasulullah saw : “Orang yang haji menolong (yasyfa’u) empatratus dari keluarga rumahnya” (ditakhrij Abdu r-Razzaq). Kesepuluh, orang yang haji itu diampuni oleh Allah. Riwayat dari Jabir ra, secara marfu’, “Tidaklah orang yang berihram dan berkurban hari itu karena Allah, bertalbiyah hingga tenggelam matahari kecuali tenggelam bersama dosanya, dan kembali seperti saat dilahirkan ibunya” (Riwayat Ibnu Majah). Kesebelas, orang yang melaksanakan haji, diampuni dosanya dan diampuni dosa orang yang dimohonkan ampunan. Riwayat dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw berdoa: “ Wahai Allah, ampunilah orang-orang yang melaksanakan haji dan orang-orang yang di ohonkan ampunan oeh orang yang berhaji” (Riwayat al-Baihaqy dan dishahihkan oleh al-Hakim). Keduabelas, orang yang berhaji, akan dibanggakan oleh Allah di hadapan Malaikat-Nya. Riwayat dari Abu Hurairah ra secara marfu’, “sesungguhnya Allah akan membangga-banggakan orang-orang yang ahli (wuquf) di Arafah, pada ahli langit” (Riwayat Ibnu Hibban dan Ahmad). Ketigabelas, orang yang haji itu adalah ahli surga. Riwayat dari Jabir, Nabi saw bersabda : “Haji mabrur tidak ada balasa baginya kecuali surga. Ditanyakan, “bagaimana mabrurnya”?  Beliau bersabda: “Memberi makan (pada orang yang membutuhkan), dan bagus tutur katanya”. Dalam riwayat yang lain, “memberi makan dan menebar kedamaian” (riwayat Ahmad). Saudaraku, itulah penjelasan Sayyid Muhammad Bin ‘Alawy bin ‘Abbas al-Maliky al-Makky al-Hasany yang sebagian disampaikan oleh Dr Sayyid Ahmad bin Muhammad dalam pengajian pertama. Jamaah haji yang dengan sangat antusias datang pun berebut untuk dapat bersalaman dengan Sayyid Ahmad yang beliau dengan sennag hati menyalami jamaah yang hadir, yang 95 persen asalah jamaah haji Indonesia. Semoga seluruh jamaah haji Indonesia, dapat mengambil pelajaran berharga tersebut, tidak tidak mencederai kemuliaan ibadah haji dengan melakukan hal-hal yang dilarang oleh ajaran agama. Haji wajib sekali seumur hidup, betapa ruginya, jika tidak dimaksimalkan. Semoga kita senantiasa dalam naungan pertolongan dan petunjuk Allah SWT, dapat menjalankan ibadah haji secara sempurna, dan mendapatkan haji mabrur. Allah a’lam bi sh-shawab. Wassalamualaikum wrwb. Tsrawat Zamzam, Misfalah, Mekah, 14/8/218.

Read More »

HAJI, KURBAN, DAN POLITIK KEJUJURAN

Jamaah haji seluruh dunia, termasuk 221.000 jamaah dari Indonesia, hari Ahad, 8 Dzulhijjah 1439 H bertepatan dengan 19 Agustus 2018 M, diberangkatkan dari Mekah sebagai miqat untuk haji, menuju Arafah untuk melaksanakan puncak ibadah haji, yakni wuquf di Arafah, Senin, 9 Dzulhijjah 1439 H/20 Agustus 2018 M. Haji tanpa wuquf tidak sah, karena wuquf merupakan rukun haji. Wuquf secara bahasa adalah berhenti. Secara syar’i, wuquf adalah kegiatan ibadah yang diawali dari adzan, khutbah wuquf, shalat dhuhur dan ashar jamak taqdim dengan qashar, mujahadah dan berdoa, memohon maghfirah atau pengampunan kepada Allah. Allah menjanjikan akan mengamluni seluruh dosa-dosa hamba-Nya sebesar apapun, dan bahkan akan membangga-banggakan di hadapan para malaikat-Nya. Filosofi atau hikmah wuquf adalah merupakan persowanan hamba-hamba Allah yang beriman dari seluruh penjuru dunia, yang memenuhi panggilan-Nya, yang sadar akan seluruh dosa-dosa yang berpuluh-puluh tahun yang membalut dan menjadi topeng dirinya, untuk diputihkan dan diampuni oleh Allah. Diawali dengan mengenakan busana ihram yang serba putih, dengan niat haji, sebagai prosesi penyadaran diri untuk membuang segala macam dosa dan karat diri mereka, karena kebohongan, pendzaliman atas diri mereka atau orang lain, atau keserakahan akibat dari prilaku korupsi, kebusukan, dan kejahatan lainnya. Wuquf adalah hari penghapusan dosa. Sebagai hamba-Nya, tidak sepantasnya kita berburuk sangka (suudhan) pada Allah. Ini penting ditegaskan. Banyak orang merasa ketakutan, karena merasa dosanya sangat banyak. Takut dibalas oleh Allah, ketika di tanah suci. Ini seakan menjadi “mitos” yang tak berujung. Memang Allah itu pendendam? Kalau misalnya Allah memberikan ujian atau cobaan pada seseorang, mengapa harus menunggu di tanah suci? Bukankah Allah bisa saja menguji atau bahkan “menghukum” hamba-Nya di mana saja, tanpa menunggu di tanah suci. Allah ‘Azza wa Jalla itu Maha Penyayang dan Maha Adil. Rasulullah saw menegaskan, “tiada suatu hari yang paling banyak Allah membebaskan (memerdekakan) hamba-hamba-Nya dari api neraka (melainkan) dari hari Arafah” (riwayat Muslim dari ‘Aisyah ra). Karena itu, acara wuquf musti dimanfaatkan sebanyak-banyaknya untuk pengakuan dosa dan memohon ampunan. Dan setelah dibersihkan dosanya, disusul dengan memperbanyak doa memohon kepada Allah, untuk dirinya, keluarga, anak-anak, saudara, tetangga, dan bangsa Indonesia, agar senantiasa dalam lindungan Allah dan keberkahan-Nya. Karena doa orang haji itu, dikabulkan oleh Allah (Riwayat dari Ibnu Abbas). Wuquf merupakan pencucian dan sekaligus awal torehan sejarah perjalanan hidup yang harus diawali lagi dengan torehan tinta emas. Mengapa, karena setelah pencucian dosa, jamaah haji berada laksana berada dalam lembaran kertas putih, laksana bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibu. Rasulullah saw menegaskan: “Barangsiapa berhaji, ia tidak rafats (berbicara kotor), tidak fasik (berbohong), dan tidak jidal  (berbantah-bantahan), maka ia pulang (ke tanah airnya) dari dosanya, seperti hari di mana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibunya”. Yang perlu difahami dan diresapi secara mendalam, adalah bahwa setelah jamaah haji selesai dalam proses pemutihan dan pencucian dosa, diwajibkan ke Muzdalifah untuk mengambil kerikil, dan selanjutnya melempar Jumrah Aqabah pada tanggal 10 Dzulhijjah di mana itu adalah merupakan Hari Raya Idul Adlha, atau hari raya kurban. Simbol atau isyarat dari pelemparan Jumrah Aqabah, adalah bahwa meskipun manusia itu sudah mengalami pencucian dosa, godaan itu akan terus datang menggoda manusia. Doa yang dibaca jamaah haji pun, “dengan Asma Allah kami melempar syaithan-syaithan dan mengharap Ridla Dzat Yang Maha Pengasih, Allah Maha Besar”. Dan pelemparan itu masih harus ditambah pada tanggal 11-12 Dzulhijjah bagi yang mengambil nafar awal, dan 11-13 Dzulhijjah bagi yang memilih nafar tsani. Nabi Ibrahim as kala menerima wahyu melalui mimpi, agar “menyembelih” putranya Nabi Ismail as pun tidak lepas dari godaan syaithan. Keyakinan Nabi Ibrahim as, kemudian dikomunikasikan secara jujur kepada putranya Nabi Ismail as. “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkankah apa pendapatmu?” Ia menjawab : “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insyaa Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar” (QS. Ash-Shaffat: 102). “Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis-(nya), (nyatakah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia : “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberikan balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar” (QS. Ash-Shaffat: 103-107). Perintah haji dan kurban, adalah ibadah yang benar-benar menguji keimanan dan ketaqwaan. Ibadah haji yang merupakan gabungan antara ibadah ruhiyah, maliyah, dan badaniyah ini, secara lahiriyah memang lebih banyak ritual simbolik, yang hanya bisa ditangkap dan dirasakan dengan keimanan. Tidak semata-mata murni rasional belaka. Tetapi dengan hati dan kejujuran. Menyimak situasi politik di negeri kita, pasca penetapan pasangan calon presiden, kontroversi yang mendukung dan menolak, di media sosial, terasa makin ngeri dan makin jauh dari kesantunan dan kepantasan. Termasuk yang digelar di Indonesia Lawyers Club (ILC) 14/8/2018. Pasalnya digandengnya Ma’ruf Amin yang merupakan “rais ‘aam” atau pemimpin tertinggi organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang bersamaan dengan itu, seorang tokoh Mahfud MD, yang konon sudah pesan baju dan mengurus Keterangan dari Pengadilan Negeri, namun akhirnya terkena PHP. Indonesia dikenal sebagai negara dan bangsanya religius, memegang teguh budi pekerti yang luhur, tata krama yang baik. Mengapa, belakangan ini, jika seandanya dihitung, cacian, fitnahan, bully-an dihitung yang beredar di media sosial, sangat luar biasa. Anak-anak yang mengikuti tayangan ILC, dan juga yang berkembang di media sosial, tentu akan merespon dan mempersepsikan ujaran yang berkembang, seolah menjadi “wajar-wajar” dan “sah-sah” saja. Ternyata, buaian jabatan politik itu, magnitnya luar biasa. Orang yang semestinya, masuk dunia asketis atau sufistik  ternyata masih dengan mudah ”digoyang” untuk ditarik-tarik pada calon jabatan duniawi yang rawan penistaan dan caci maki. Tetapi itu hak politik setiap warga negara yang sah untuk diambil atau bahkan disiasati untuk mendapatkannya. Semoga jamaah haji Indonesia tahun ini dapat menjalankan ibadah hajinya dengan baik, menjadi haji mabrur, dan pulang menjadi hamba-hamba Allah yang menjunjung tinggi kejujuran. Energi bangsa kita habis untuk saling hujat dan bully, akhirnya prestasi tidak kunjung didapat, apalagi keberkahan. Itulah pentingnya, politik kejujuran dan bangsa Indonesia tidak mengalami defisit orang-orang yang jujur. Allah a’lam bi sh-shawab. Mekah, 15/8/2018.  

Read More »